PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN MELALUI METODE BERCERITA

  • Ardhia Pramesti Lutfania Cahyani Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Mahmudah Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Hambatan yang dimiliki oleh anak dengan hambatan intelektual atau tunagrahita menyebabkan keterbatasan dalam kemampuan berbicaranya. Manfaat dari metode bercerita yaitu untuk melatih daya serap atau daya tangkap, melatih daya piker, melatih daya konsentrasi, melatih daya imajinasi pada anak, menciptakan situasi yang menggembirakan atau mengembangkan suasana dan hubungan yang akrab sesuai dengan perkembangannya, serta membantu perekembangan bahasa anak dalam berkomunikasi secara efektif dan efisien sehingga proses percakapan menjadi lebih komunikatif. Sehingga metode bercerita bermanfaat untuk peningkatan kemampuan berbicara pada anak tunagrahita ringan. Tujuan penelitian ini dilakukan dengan menganalisis berbagai studi literature dari literature-literatur ilmiah yang berkaitan dengan tujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berbicara anak tunagrahita ringan melalui metode bercerita. Pencarian dilakukan di Science Direct, Mendeley, dan Google Scholar dengan kriteria artikel atau literature yang terkait dengan topic pembahasan. Penelitian ini menggunakan metode literature review. Dengan mengkaji kumpulan literature terkait dengan topic pembahasan yaitu peningkatkan kemampuan berbicara anak tunagrahita ringan melaui metode bercerita. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa metode bercerita ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak tunagrahita ringan. Implikasi penelitian literature review peningkatan kemampuan berbicara anak tunagrahita ringan melalui metode bercerita yang dilakukan yaitu dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berbicara anak tunagrahita, serta dapat membuka peluang untuk integrasi social yang lebih baik dan meningkatkan keterampilan berbahasa anak tunagrahita ringan dalam berkomunikasi secara efektif dan efisien sehingga percakapan yang dilakukan oleh anak tunagrahita ringan menjadi lebih komunikatif.

Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Anak Tunagrahita, Bercerita.

Author Biographies

Ardhia Pramesti Lutfania Cahyani, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Siti Mahmudah, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-12-13
Abstract Views: 13