PENGARUH PERMAINAN BERBALAS PANTUN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA TUNANETRA

  • Wanti Ika Ningsri Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Murtadlo Murtadlo Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Murtadlo Murtadlo Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Interaksi sosial memiliki beberapa manfaat dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya untuk memebangun relasi dan meningkatkan solidaritas antar sesama, membangun rasa percaya diri, dan menciptakan hubungan timbal balik yang dapat mempererat hubungan antar individu. Salah satu cara yang dapat meningkatkan keterampilan interaksi sosial yaitu melalui permaianna berbals pantun. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh permainan berbalas pantun terhadap kemampuan interaksi sosial pada siswa tunanetra. Subjek pada penelitian ini berjumlah 8 siswa tunanetra di SMPLB-A YPAB Gebang Putih Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental tipe desain one group pre-test post-test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Wilcoxon Match Pairs Test dengan bantuan SPSS V.26.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan pada anak, hal ini dibuktikan dengan perolehan Ztabel 1,96 < Zhitung 2,53 dan Asymp. (2-tailed) 0,012< 0,05. Hal ini berarti penerapan permainan berbalas pantun berpengaruh terhadap keterampilan interaksi sosila pada siswa tunanetra meningkat. Implikasi hasil penelitian ini yaitu Implikasi penerapan permainan berbalas pantun dapat meninggkatkan keterampilan interaksi sosial pada siswa tunanetra. melalui permainan berbalas pantun bukan hanya meninggkatkan kemampuan interaksi sosial pada siswa namun juga meninggkatkan rasa percaya diri dan meninggkatkan kecakapan kerja antar personal siswa.

Kata Kunci: permainan, interaksi sosial, tunanetra

Author Biographies

Wanti Ika Ningsri, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Murtadlo Murtadlo, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Murtadlo Murtadlo, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-12-27
Abstract Views: 13