PENERAPAN ANALISIS TUGAS BERMEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUNA BINA DIRI MENGGOSOK GIGI ANAK AUTIS

  • Ilham Rizky Ramadhan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Masitoh Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Bina diri memiliki manfaat untuk anak berkebutuhan khusus yaitu anak akan mandiri dalam beberapa hal yang termasuk dari aspek kemampuan merawat diri dan tidak bergantung pada orang lain dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kemampuan bina diri menggosok gigi penting untuk diajarkan kepada anak autis agar mereka dapat melakukan kegiatan menggosok gigi setiap hari dengan baik. Tujuan penelitian untuk menguji pengaruh penerapan analisis tugas bermedia video terhadap kemampuan bina diri menggosok gigi anak autis di SLB Mutiara Hati Surabaya. Subjek dalam penelitian ini berjumlah delapan siswa kelas dua SDLB. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif pre-eksperimental. Desain dalam penelitian adalah one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data berupa tes perbuatan (kinerja) dan tes pengetahuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan pada anak, hal ini dibuktikan dengan perolehan Zhitung (Zh) = 2,52 lebih besar daripada nilai signifikan Ztabel = 1,65 (Zh > Zt) maka H nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis tugas bermedia video berpengaruh terhadap kemampuan bina diri menggosok gigi anak autis. Implikasi penelitian yaitu analisis tugas bermedia video berkontribusi dalam mengembangkan kemampuan anak autis dalam memahami dan mempraktekkan langkah-langkah menggosok gigi dengan baik dan benar.

Kata Kunci: analisis tugas, menggosok gigi, autis

Author Biographies

Ilham Rizky Ramadhan, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Siti Masitoh, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-12-27
Abstract Views: 16