PENGGUNAAN GAME INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DISLEKSIA

  • Rika Arsiana Putri Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Wijiastuti Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Membaca bermanfaat bagi anak berkebutuhan khusus yaitu menambah pengetahuan, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta melatih kemampuan analisa. Anak disleksia mengalami kesulitan dalam keterampilan membaca permulaan, khususnya pada kata dengan pola KV-KVK. Anak sering menambahkan, menghilangkan, tertukar, atau mengganti huruf dalam kata-kata. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis berbagai study literature ilmiah yang berkaitan dengan penggunaan game interaktif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak disleksia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur review dengan model PRISMA. Menganalisis data mengikuti prosedur PRISMA dengan pencarian literature di Scopus, Science Direct, dan Google Scholar dengan kriteria artikel atau literature yang terkait dengan topik pembahasan yang menhasilkan tujuh belas artikel. Hasil dari menganalisis artikel ini menunjukkan bahwa penggunaan game interaktif dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak disleksia, menambah motivasi belajar, meningkatkan pemrosesan visual, pemrosesan fonologis anak disleksia. Implikasi penelitian literature review yaitu penggunaan game interaktif berkontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan anak disleksia, serta bisa digunakan untuk anak berkebutuhan khusus lainnya, anak usia dini, dan bisa dimanfaatkan guru sebagai strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang lebih interaktif.

Kata Kunci: anak disleksia, membaca permulaan, game interaktif

Author Biographies

Rika Arsiana Putri, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Asri Wijiastuti, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-12-28
Abstract Views: 13