PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY (AR) DALAM MENINGATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG PADA ANAK TUNARUNGU
Abstract
Manfaat pengetahuan bangun ruang yaitu meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah, melatih berpikir secara 3 dimensional, meningkatkan imajinasi visual, dan memahami konsep volume, sudut, ukuran, garis. Anak Tunarungu memiliki hambatan pendengaran yang mengakibatkan anak kesulitan dalam memahami pembelajaran yang bersifat abstrak serta sulit dalam mempersepsikannya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis berbagai study literature ilmiah yang berkaitan dengan penggunaan augmented reality (AR) dalam meningkatkan konsep bangun ruang pada anak tunarungu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review. Pencarian literature dilakukan di science direct, mendeley, dan google scholar dengan kriteria literature yang terkait dengan topik pembahasan. Hasil dari menganalisis artikel ini menunjukkan bahwa penggunaan augmented reality dapat digunakan untuk meningkatkan konsep bangun ruang pada anak tunarungu. Implikasi dari penelitian litertaure review yaitu dapat membawa dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan pembelajaran bangun ruang pada anak tunarungu, meningkatkan motivasi belajar, meningkat pemrosesan visual, merangsang kreatifitas, meningkatkan konsentrasi. Media augmented reality juga berimplikasi kepada selain anak tunarungu, bisa digunakan untuk anak berkebutuhan khusus lainnya.
Kata Kunci: bangun ruang, augmented reality, tunarungu