PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBASIS APLIKASI VOICE NOTEBOOK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA TUNARUNGU DI SMALB B KARYA MULIA SURABAYA

  • Nabilah Widyadhari Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Wagino Wagino Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran IPA bermanfaat dalam memfokuskan diri pada pembelajaran mengenai diri sendiri, alam sekitar dan gejalanya. Sedangkan hasil belajar digunakan untuk mengukur sejauh mana pemahaman yang dimiliki. Dampak ketunarunguan menyebabkan pemahaman materi kurang dikuasai karena keterbatasan kosakata sehingga hasil belajar kurang optimal. Disisi lain, anak tunarungu memiliki karakteristik yaitu kecenderungan pada kemampuan visualnya. Sehingga perlu adanya media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, yaitu Aplikasi Voice Notebook. Aplikasi Voice Notebook mampu mengubah informasi suara menjadi bentuk visual yaitu teks. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran langsung berbasis aplikasi Voice Notebook terhadap peningkatan hasil belajar siswa tunarungu. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa tes tulis. Data penelitian dianalisis menggunakan hasil uji Wilcoxon dan diperoleh nilai 0,017. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung berbasis aplikasi Voice Notebook berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa tunarungu di SMALB B Karya Mulia Surabaya. Implikasi hasil penelitian ini yaitu meningkatkan rasa kemandirian, tanggung jawab, mengembangkan pengetahuan prosedural, dan memanfaatkan media Voice Notebook untuk menterjemahkan suara menjadi bentuk visual, demikian juga bagi siswa tunarungu dalam memanfaatkan media Voice Notebook guna meningkatkan hasil belajar IPA.

Kata Kunci: Hasil belajar, IPA, Tunarungu, Voice Notebook

Author Biographies

Nabilah Widyadhari, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Wagino Wagino, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2024-01-05
Abstract Views: 14