MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK TUNARUNGU
Abstract
Kosakata bermanfaat bagi anak berkebutuhan khusus yaitu bagian yang sangat penting dari belajar sebuah bahasa. Semakin banyak kata yang diketahui, semakin besar kemampuan dalam memahami apa yang didengar, dibaca dan semakin tinggi pula kemampuan untuk dapat mengatakan apa yang ingin dikatakan atau ditulis. Anak tunarungu mengalami kesulitan dalam keterampilan berbahasa. Mengatasi hambatan tersebut, terlebih dahulu diberikan keterampilan berbahasa yaitu kosakata, khususnya kosakata bahasa indonesia kemudian anak diberikan keterampilan kosakata bahasa inggris. Di dalam mengajarkan kosakata bahasa inggris diperlukan media visualisasi yang disesuaikan dengan kondisi anak. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis berbagai study literature ilmiah yang berkaitan dengan penggunaan mobile learning untuk meningkatkan perbendaharaan kosakata bahasa inggris anak tunarungu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur review dengan pencarian literature di Google Scholar, ScienceDirect, Mendeley, dan Scopus Preview dengan kriteria artikel atau literature yang terkait dengan topik pembahasan yang menghasilkan lima belas artikel. Hasil dari menganalisis artikel ini menunjukkan bahwa penggunaan mobile learning dapat digunakan untuk meningkatkan perbendaharaan kosakata bahasa inggris anak tunarungu, menambah motivasi belajar, meningkatkan pemrosesan visual anak tunarungu. Implikasi penelitian literature review yaitu penggunaan mobile dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perbendaharaan kosakata bahasa inggris anak tunarungu, serta dapat membuka peluang untuk integrasi social yang lebih baik dan meningkatkan keterampilan kosakata anak tunarungu sehingga anak mudah menangkap kosakata bahasa inggris, menumbuhkan minat belajar, tidak cepat bosan pada saat pembelajaran berlangsung dan anak bisa belajar mandiri jika sudah faham dengan mobile learning.
Kata Kunci: mobile learning, kosa kata, tunarungu