PENGARUH METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK TUNARUNGU

  • Zahrotun Nusyroniyah Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Pamuji Pamuji Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keterampilan berbicara memiliki beberapa manfaat yaitu komunikasi dengan antar individu dan kelompok menjadi lebih efektif, melancarkan pertukaran informasi, menambah kepercayaan diri, menambah karisma dan wibawa, salah satu factor mempermudah memperoleh pekerjaan, menambah level nilai dalam diri, dan bisa mendapat kepercayaan dari masyarakat. Salah satu , upaya meningkatkan kemampuan berbicara menggunakan Metode Maternal Reflektif (MMR). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Metode Maternal Reflektif terhadap keterampilan berbicara anak tunarungu. Subjek pada penelitian ini berjumkah 4 siswa tunarungu di SLB-B Pertiwi Kota Mojokerto. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pra-eksperimen, dengan tipe desain one group pre-test post- test.Teknik analisis data yang digunakan yaitu Wilcoxon Match Pairs Test dengan bantuan SPSS V.26.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan pada anak tunarungu, hal ini dibuktikan dengan perolehan Zhitung=1,8 < Ztabel=1,96, Hal ini berarti penerapan metode maternal reflektif (MMR) berpengaruh terhadap keterampilan berbicara pada anak tunarungu meningkat. Implikasi hasil penelitian ini yaitu penerapam metode maternal reflektif dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa tunarungu bukan hanya meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa namun juga meningkatkan rasa percaya diri pada siswa.

Kata Kunci: metode maternal, keterampilan berbicara, tunarungu.

Author Biographies

Zahrotun Nusyroniyah, Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Pamuji Pamuji, Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Published
2024-01-17
Abstract Views: 7