EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERMEDIA POP-UP BOOK DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA ANAK TUNARUNGU DI SLB-B KARYA MULIA SURABAYA

  • Annisa Kurniawan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Wagiono Wagino Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kosakata bagi anak tunarungu bermanfaat untuk menyampaikan isi pemikiran yang sifatnya tertulis maupun lisan. Oleh karena itu, untuk mengajarkan kosakata pada anak tunarungu memerlukan media pembelajaran secara visual sesuai dengan kebutuhannya serta mengikuti perkembangan zaman. Dalam era industri 4.0, kebutuhan untuk metode pembelajaran inovatif dan inklusif, terutama untuk anak tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran langsung bermedia pop-up book digital dalam meningkatkan kemampuan kosakata anak tunarungu di SLB-B Karya Mulia Surabaya. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest, dan analisis data dilakukan menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya efektivitas dari penggunaan pop-up book digital terhadap kemampuan kosakata anak tunarungu, dengan nilai signifikansi sebesar 0,027, yang lebih kecil dari nilai ambang α = 0.05. Ini menunjukkan bahwa media pop-up book digital efektif dalam meningkatkan kemampuan kosakata anak tunarungu. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil peningkatakn kosakata bagi anak tunarungu sebelum dan sesudah. Implikasi penelitian pembelajaran pop-up book digital bukan hanya meningkatkan kosakata pada anak namun juga menambah bahasa serta meningkatkan komunikasi kecakapan antar personal.

Kata Kunci : Pop-up Book Digital, PBL, Kosakata, Tunarungu

Author Biographies

Annisa Kurniawan, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Wagiono Wagino, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2024-01-29
Abstract Views: 20