Pengaruh Model Pembelajaran problem Based Learning (PBL) Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS)terhadap Pembelajarn SainsAnak Kesulitan Belajar.

  • Viktorius Bang Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Wijiastuti Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran sains memiliki manfaat bagi anak kesulitan belajar, khususnya menyediakan wadah bagi anak untuk mengembangkan minat dan perhatiannya agar mau mengamati dan berinteraksi secara langsung dengan lingkungan, memperkenalkan aspek sains dan konsepnya yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan menambah pengetahuan anak yang akan terus berkembang selama rentang kehidupan, membantu anak menerapkan konsep sains yang telah ditemukan selama pengamatan lingkungan. Hal tersebut mendukung keberhasilan akademis dan merupakan sarana bagi guru untuk mengukur kemajuan belajar sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan penggunaan media Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap pemaahaman pembelajaran sains anak kesulitan belajar. Subek pada peneliian ini berjumlah enam siswa anak kesulitan belajar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif preeksperimen dengan desain one groub pretest-posttest design. Teknik analisis data yang digunakan adalah wilcoxon matched pair test dengan uji rumus wilcoxon dan uji wilcoxon SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan pada anak, hal ini dibuktikan dengan perolehan Zhitung sebesar 2,214 pada pengujian rumus Wilcoxon dan uji Wilcoxon SPSS, serta didapatkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,027. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pembelajaran sains anak kesulitan belajar sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Lembar Kerja Siswa (LKS). Kata Kunci: hasil Belajar, Sains, AKB, PBL

Author Biographies

Viktorius Bang, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Asri Wijiastuti, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2024-03-06
Abstract Views: 5