PENGARUH PENGGUNAAN KETERAMPILAN FOTOGRAFI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK DENGAN HAMBATAN BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Fotografi sebagai ekspresi artistik memanfaatkan prinsip matematika dalam setiap aspek. Pengaturan komposisi, perspektif, dan pencahayaan melibatkan konsep geometri, proporsi, dan perhitungan yang seringkali terkait dengan pembelajaran matematika. Manfaat penggunaan keterampilan fotografi dalam bidang pendidikan adalah memberikan pengalaman konkrit yang digunakan untuk membantu siswa dalam membangun pemahaman konsep suatu materi matematika. Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh penggunaan keterampilan fotografi sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika pada anak dengan hambartan belajar matematika. Subjek penelitian ini berjumlah 8 siswa dengan hambatan belajar matematika di SDIT Al Haromain, Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental tipe one group pre-test post-test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Wilcoxon Match Pairs Test dengan bantuan SPSS V.28.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan pada anak, hal ini dibuktikan dengan perolehan Ztabel 1,96 < Zhitung 2,2 dan Asymp. (2-tailed) 0,028 < 0,05. Hal ini berarti penggunaan keterampilan fotografi sebagai media pembelajaran matematika memiliki pengaruh terhadap hasil belajar anak dengan hambatan belajarn matematika. Implikasi hasil penelitian ini yaitu penerapan keterampilan fotografi dalam pembelajaran matematika dapat meninggkatkan keterampilan matematis pada siswa denganhmabatan belajar matematika. melalui media keterampilan fotografi, siswa mendapatkan gamabran lebih konkrit pada materi matematika yang diajarkan.
Kata Kunci: media, keterampilan, fotografi, matematika, hambatan belajar
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 108