PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR MENGENAL BANGUN RUANG PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB BAKTI ASIH
Abstract
Pengetahuan tentang bangun ruang dapat membantu siswa tunarungu meningkatkan kemampuan berpikir, menyelesaikan masalah, mengembangkan imajinasi visual, serta memperdalam pemahaman tentang konsep dan ukuran. Di sisi lain, hambatan pendengaran menyebabkan siswa tunarungu kesulitan menerima penjelasan dan memahami instruksi verbal mengenai konsep bangun ruang sehingga mempengaruhi hasil belajar yang tergolong rendah. Augmented reality merupakan salah satu media pembelajaran berbasis visual yang diharapkan dapat membantu siswa tunarungu mengenal bangun ruang serta dapat meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap hasil belajar materi mengenal bangun ruang pada siswa tunarungu di SLB Bakti Asih. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design menggunakan 6 subjek. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik nonparametrik wilcoxon match pairs test dengan nilai probabilitas sebesar 0,05 dan diperoleh hasil yaitu Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,028, sehingga dinyatakan adanya pengaruh signifikan media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap hasil belajar materi mengenal bangun ruang siswa tunarungu di SLB Bakti Asih. Implikasi hasil penelitian ini yaitu meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa, pemahaman materi, perluasan penggunaan teknologi dalam pendidikan khusus serta dapat meningkatkan hasil belajar materi bangun ruang pada siswa tunarungu.
Kata kunci : augmented reality, bangun ruang, tunarungu
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 172