PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN CHILD PROTECTION FROM SEXUAL ABUSE UNTUK ANAK TUNARUNGU DI SLB KRIDA UTAMA 2 LOCERET
Abstract
Pembelajaran kekerasan seksual penting dilaksanakan karena kekerasan seksual berdampak negatif pada anak tunarungu. Dampak yang ditimbulkan dari kekerasan seksual di antaranya perasaan cemas, trauma, dan stigma negatif yang melekat pada korban. Maka dari itu anak tunarungu haruslah dilindungi melalui pembelajaran tentang memproteksi diri dari kekerasan seksual dengan menggunakan buku panduan Child Protection from Sexual Abuse. Buku panduan ini disusun sesuai dengan karakteristik anak tunarungu yang menjadikan mereka lebih tertarik untuk belajar tentang melindungi diri dari kekerasan seksual. Untuk mengembangkan buku panduan Child Protection from Sexual Abuse yang layak digunakan dalam pembelajaran anak tunarungu digunakanlah model pengembangan ADDIE. Prosedurnya terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Validasi ahli materi mendapatkan nilai 84 dan ahli media 89 yang menunjukkan bahwa buku panduan child protection from sexual abuse ini layak. Sedangkan respon guru mendapatkan nilai 87,5 dan respon peserta didik mendapat nilai 87,2 yang dapat dikatakan bahwa buku panduan ini praktis. Selain itu hasil uji Wilcoxon diperoleh hasil 0,005 yang berarti buku panduan ini berpengaruh untuk melindungi anak tunarungu dari kekerasan seksual. Implikasi penelitian pengembangan buku panduan Child Protection from Sexual Abuse yang dilakukan yaitu anak tunarungu dapat melindungi diri mereka dari kekerasan seksual.
Kata Kunci: Panduan, Child Protection, Sexual Abuse, Tunarungu
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 44