EFEKTIVITAS METODE MULTISENSORI TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA TUNARUNGU DI SLB PKK GEDEG MOJOKERTO
Abstract
Penguasaan kosakata bahasa Inggris bermanfaat dalam penyampaian isi pemikiran yang sifatnya tertulis, lisan, maupun isyarat yang bersifat global. Di sisi lain hambatan pendengaran menyebabkan siswa tunarungu mengalami keterbatasan penguasaan kosakata khususnya pada kosakata bahasa Inggris. Oleh karena itu, pengajaran kosakata bagi siswa tunarungu memerlukan metode pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Metode multisensori merupakan salah satu metode pembelajaran yang diharapkan mampu membantu siswa tunarungu dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris. Metode multisensori bermanfaat dalam meningkatkan kosakata tunarungu dengan melibatkan beberapa indera mulai dari visual, auditori, kinestetik, dan taktil. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode multisensori terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa tunarungu di SLB PKK Gedeg Mojokerto. Pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimental one group pretest posttest design dengan menggunakan 8 subjek. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik non parametrik wilcoxon match pair test dengan nilai probabilitas sebesar 0,05 dan diperolah Asymp.Sig (2- tailed) 0.012 sehingga dinyatakan adanya efektivitas metode multisensori penguasaan kosakata bahasa Inggris terhadap siswa tunarungu di SLB PKK Gedeg Mojokerto. Implikasi penelitian pembelajaran menggunakan metode multisensori yaitu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa, komunikasi antar individu, serta aktivitas pembelajaran lebih menarik.
Kata Kunci : Metode Multisensori, kosakata Bahasa Inggris, Siswa Tunarungu
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 150