PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU HURUF HIJAIAH BERBASIS DIGITAL UNTUK ANAK TUNARUNGU
Abstract
Pembelajaran huruf hijaiah berharakat penting dilaksanakan karena sebagai dasar untuk mempelajari Al Qur`an dan berdampak baik pada perilaku anak tunarungu. Kartu huruf hijaiah ini disertai bahasa isyarat serta video yang menarik sesuai dengan karakteristik anak tunarungu yang menjadikan mereka lebih tertarik untuk mempelajarinya. Penelitian pengembangan menggunakan model pengembanagn ADDIE. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangan media pembelajaran kartu huruf hijaiah berbasis digital yang layak digunakan untuk anak tunarungu. Penilaian kelayakan pengembangan media pembelajaran kartu huruf hijaiah berbasis digital untuk anak tunarungu diperoleh presentase nilai 94% oleh ahli materi dan 92% oleh ahli media yang berarti kartu huruf hijaiah berbasis digital ini layak. Respon guru diperoleh presentase 95% dan .respon peserta didik diperoleh presentase 90,32% yang dapat dikatakan bahwa kartu huruf hijaiah berbasis digital ini praktis. Selain itu hasil uji N-Gain diperoleh nilai 70.63 yang berarti kartu huruf hijaiah berbasis pembelajaran digital ini cukup efektif digunakan dalam pembelajaran. Implikasi penelitian pengembangan media kartu huruf hijaiah berbasis pembelajaran digital yang dilakukan yaitu dapat meningkatkan kemampuan anak tunarungu dalam memahami huruf hijaiayah sebagai dasar pembelajaran Iqro 1, anak tunarungu dapat mengisyaratkan huruf hijaiyah berarakat, dan dapat meningkatan minat anak tunarungu dalam membaca Al Qur`an.
Kata Kunci : Kartu Huruf Hijaiah, Pembelajaran Digital,Tunarungu
Downloads
Published
Issue
Section
