PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KIDS TO DO LIST DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERALIH AKTIVITAS PADA ANAK AUTIS

Authors

  • Anggun Permata Hati Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Wagino Wagino Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keterampilan beralih aktivitas penting bagi anak autis karena dapat meningkatkan kemandirian, anak autis mengalami hambatan pada perilaku berulang yang menyebabkan kesulitan dalam beralih aktivitas. Penggunaan aplikasi Kids To Do List dapat meningkatkan keterampilan beralih aktivitas yang diukur melalui latensi (rentang durasi ketika diberikan intruksi dengan tindakan anak) dan frekuensi bantuan yang diberikan pada anak. Penelitian bertujuan menganalisis aplikasi Kids To Do List  dalam meningkatkan keterampilan beralih aktivitas. Pendekatan penelitian termasuk kuantitatif jenis Single Subject Research (SSR) desain A-B. Subjek penelitian ialah anak autis berusia 12 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi latensi beralih aktivitas dan frekuensi pemberian prompting. Subjek diberikanreward berupa sticker ketika berhasil menyelesaikan aktivitas. Teknik analisa ialah teknik analisa visual dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil analisa visual dalam kondisi dan antar kondisi menunjukkan kecenderungan arah yang baik, level perubahan positif +113 untuk latensi, +26 untuk prompting verbal, +4 untuk prompting fisik, serta presentase data overlap rendah 0%. Hasil dapat disimpulkan terdapat pengaruh aplikasi Kids To Do List dalam meningkatkan keterampilan beralih aktivitas pada anak autis. Implikasi dari hasil penelitian ini yaitu dapat meningkatkan keterampilan beralih aktivitas dalam menurunkan latensi, menurunkan frekuensi prompting, sebagai visual support bagi anak autis, serta menarik perhatian anak karena penggunaan aplikasi.

 

Kata kunci: Aplikasi Kids To Do List, Beralih Aktivitas, dan Autis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anggun Permata Hati, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Wagino Wagino, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published

2024-05-27
Abstract views: 58