PEMANFAATAN VISUAL SCHEDULE PADA AKTIVITAS PEMBELAJARAN ANAK AUTIS KELAS DASAR DI SLB B-C SANTI MULIA SURABAYA
Abstract
Aktivitas pembelajaran bagi anak autis sangat penting untuk terus dibiasakan yang akan menjadi bekal dalam dalam kegiatan selanjutnya. Anak autis lebih mudah menerima informasi secara visual sehingga perlu media yang dapat memudahkannya dalam belajar. Visual schedule menjadi alternatif untuk pembelajaran dikelas anak autis, Visual schedule secara efektif menyampaikan urutan aktivitas hari itu. salah satu manfaat visual schedule adalah sebagai pengorganisasian untuk mengembangkan kebiasaan dan memberi tahu anak-anak apa yang diharapkan dari kegiatan dihari itu, mendidik siswa mengenal ide waktu & urutan kegiatan, anak autis dapat memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya. Selain itu, ide-ide abstrak seperti pertama, berikutnya, terakhir, atau sebelum dan sesudah dapat diajarkan menggunakan jadwal visual. penelitian ini bertujuan untuk menganalisisi adanya peningkatan pembelajaran dikelas anak autis kelas dasar di SLB B-C Santi Mulia Surabaya dengan memanfaatkan visual schedule. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) desain penelitian yang digunakan adalah A-B-A. Dengan satu subjek yaitu anak autis yang belum mampu melakukan kegiatannya dengan mandiri. Teknik analisi data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran dikelas anak autis melalui visual schedule. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pada baseline A1 terjadi stabilitas kondisi kemampuan pembelajaran dikelas dengan rata-rata nilai 17 kemudian Pada tahap intervensi yang dilakukan 4 kali pertemuan terjadi peningkatan yang signifikan perilaku pembelajaran meningkat menjadi lebih baik dari sebelum diberikan intervensi menunjukan dengan nilai rata-rata 40,25 selanjutnya, Pada tahap baseline A2 peneliti tanpa melalukan intrvensi perilaku pembelajaran anak autis berada pada level rata-rata 59. Sehingga dari data-data tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dikelas anak autis dengan memanfaatkan visual schedule di SLB B-C Santi Mulia Surabaya adalah baik dan meningkat.
Kata Kunci: visual schedule, pembelajaran dikelas, anak autis
Downloads
Published
Issue
Section
