PENERAPAN METODE GLOBAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK DISABILITAS RUNGU DI SLB EMPAT LIMA BABAT
Abstract
Kemampuan membaca permulaan bermanfaat dalam berbagai aspek perkembangan anak, termasuk
pengembangan kognitif dengan membantu anak memahami dan menginterpretasi informasi dari lingkungan
sekitar serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis. Hambatan pendengaran mengakibatkan peserta
didik mengalami kesulitan dalam menerima penjelasan dan memahami instruksi verbal, yang berdampak pada
rendahnya kemampuan berbahasa salah satunya pada membaca permulaan. Berkaitan dengan hal tersebut,
diperlukan metode yang tepat. Dalam penelitian ini metode global mengutamakan bantuan visual dan konteks
keseluruhan dalam proses belajar membaca. Manfaat metode global meningkatkan kemampuan memahami
materi, mengidentifikasi kata dan mengingat informasi lebih cepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk
membuktikan pengaruh metode global terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik disabilitas rungu
di SLB Empat Lima Babat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian praeksperimen, serta one group pretest-posttest desaign. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik nonparametrik Wilcoxon Match Pairs Test dengan nilai probabilitas sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan
asymp. sig. (2-tailed) 0,012 sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh penerapan metode global terhadap
kemampuan membaca permulaan peserta didik disabilitas rungu. Implikasi hasil penelitian ini yaitu metode global
dapat meningkatkan kemampuan memahami materi secara menyeluruh, memperluas penerapan gaya belajar
visual dalam proses pembelajaran, dan meningkatkan partisipasi serta keterlibatan peserta didik.
Kata kunci: metode global, membaca permulaan, disabilitas rungu
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

