PENGARUH MEDIA VIDEO SENAM IRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS VII SMPLB DI SLB NEGERI GEDANGAN
Abstract
Media video senam irama memberikan instruksi verbal yang jelas pada setiap gerakannya, sehingga mampu meningkatkan kemampuan motorik kasar peserta didik tunanetra. Video merupakan media yang populer dan mudah diakses, sehingga penggunaannya dalam pembelajaran olahraga dapat memaksimalkan perkembangan motorik kasar peserta didik tunanetra. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media video senam irama untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar peserta didik tunanetra. Pendekatan penelitian ini kuantitatif jenis Single Subject Research (SSR), desain SSR yang digunakan A-B-A. Subjek penelitian adalah satu peserta didik tunanetra kelas VII SMPLB di SLB Negeri Gedangan Sidoarjo. Peneliti mengumpulkan data menggunakan tes kemampuan motorik kasar berupa instrumen pengamatan unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi menunjukkan estimasi kecenderungan arah yang meningkat, level perubahan positif +7 membaik dari baseline 1 ke intervensi dan +28 membaik dari intervensi ke baseline 2, tanda positif (+) menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik kasar peserta didik tunanetra, persentase overlap data sebesar 0%. Dapat disimpulkan bahwa media video senam irama berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar peserta didik tunanetra. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan media video senam irama dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar peserta didik tunanetra. Dengan menggunakan media video, peserta didik dapat memproses informasi lebih cepat, mempertahankan pengetahuan, dan mengingatnya dengan akurat. Selain itu, media video dapat menarik perhatian peserta didik selama pembelajaran olahraga.
Kata Kunci: video, senam irama, motorik kasar, tunanetra.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

