BUKU FABEL MENGGUNAKAN AUDIO MOVABLE BOOK UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA PESERTA DIDIK DISABILITAS INTELEKTUAL RINGAN
Abstract
Penguasaan kosa kata bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan berbicara, kemampuan sosial, dan memyampaikan informasi kepada orang lain. Peserta didik disabilitas intelektual ringan mengalami hambatan dalam meningkatkan penguasaan kosa kata karena tingkat kecerdasan dibawah rata-rata. Oleh karena itu, pembelajaran meningkatkan kosa kata peserta didik disabilitas intelektual ringan memerlukan media pembelajaran yang sesuai. Buku fabel menggunakan audio movable book dilengkapi dengan fitur pop up, movable, dan audio yang diharapkan dapat membantu pembelajaran kosa kata peserta didik disabilitas intelektual ringan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peningkatan penguasaan kosa kata dengan buku fabel menggunakan audio movable book. Pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre- eksperimental one group pretest posttest design dengan menggunakan subjek peserta didik disabilitas intelektual ringandi SLB Tunas Kasih Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistic non parametrik wilcoxon match pair test dengan nilai probabilitas sebesar 0,05 dengan diperoleh Asymp. Singn (2-tailed) 0,028 sehingga dinyatakan buku fabel menggunakan audio movable book berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan kosa kata peserta didik disabilitas intelektual ringan. Implikasi dalam penelitian ini yaitu buku fabel menggunakan audio movable book dapat meningkatkan penguasaan kosa kata, mengembangkan keterampilan berfikir kreatif peserta didik, nilai moral dalam cerita dapat diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Buku fabel; disabilitas intelektual; kosa kata