PENGARUH MEDIA GAME EDUKASI WORDWALL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA SISWA TUNARUNGU DI SDLB NEGERI PEMBINA TINGKAT NASIONAL BAGIAN C LAWANG
Abstract
Kemampuan penguasaan kosakata bagi tunarungu bermanfaat dalam penyampaian pemikiran dan perasaan, peningkatan pemahaman bacaan serta pengembangan keterampilan berpikir kritis. Namun hambatan pendengaran tunarungu membuat mereka mengalami hambatan kosakata yang berdampak pada penurunan prestasi akademik. Maka dari itu, dibutuhkan media pembelajaran berbasis visual bertema permainan untuk meningkatkan penguasaan kosakata tunarungu, seperti game edukasi wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media game edukasi wordwall terhadap penguasaan kosakata siswa tunarungu di SDLB Negeri Pembina Tingkat Nasional Bagian C Lawang. Game edukasi wordwall bermanfaat bagi siswa agar tidak kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, mengasah daya ingat, fokus dan konsentrasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pra-eksperimen dan desain one group pre-test post-test. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis dengan instrumen penilaian berupa soal berjumlah 20 butir. Teknik analisis data dilakukan melalui uji statistik non-paramterik wilcoxon match pairs test dan SPSS V.26.0 yang menghasilkan nilai Asymp.Sig (2-tailed) = 0.027 lebih kecil dari taraf signifikansi sebesar 0,05. Hal ini berarti media game edukasi wordwall berpengaruh signifikan dalam penguasaan kosakata siswa tunarungu. Implikasi hasil penelitian ini yaitu dapat meningkatkan kemampuan menguasai kosakata, berpikir kritis, minat, motivasi, partisipasi dan perhatian siswa tunarungu dalam pembelajaran serta membentuk rasa tanggung jawab dan memudahkan siswa memahami materi.
Kata Kunci: Game Edukasi Wordwall, Kosakata, Tunarungu