PENGARUH MEDIA BLOKJES TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL BAGI SISWA TUNANETRA SMPLB-A YPAB SURABAYA

Authors

  • Moch. Abdulloh Ibrohim Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Acep Ovel Novary Beny Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Belajar matematika materi tentang sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) bermanfaat untuk mengembangkan problem solving skill bagi siswa. Mengajarkan SPLDV kepada siswa tunanetra memerlukan adaptasi khusus dalam menggunakan media pembelajaran. Blokjes dapat membantu siswa tunanetra untuk melakukan berbagai operasi hitung matematika dari konsep yang abstrak menjadi konkret. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh media blokjes terhadap hasil belajar SPLDV bagi siswa tunanetra. Penilitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis pre-eksperimental, desain one-group pre-test & post-test. Lokasi penelitian bertempat di SMPLB-A YPAB Surabaya. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa tunanetra kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes dengan instrumen penilaian berupa soal empat butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non-parametrik dengan uji wilcoxon matched pairs test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,026, bahwa 0,026 < 0,05 dapat disimpulkan terdapat pengaruh media blokjes terhadap hasil belajar SPLDV. Implikasi hasil penelitian ini yaitu penggunaan media blokjes dapat memfasilitasi pembelajaran SPLDV bagi siswa tunanetra, mengomunikasikan materi pembelajaran dari guru ke siswa , mengantarkan konsep materi SPLDV dari yang bersifat abstrak ke konkret karena materi yang berupa visual dapat ditransfer ke dalam bentuk braille yang dapat diraba, mendorong siswa untuk membangun konsep pembelajaran SPLDV secara mandiri sehingga siswa memiliki pengalaman nyata selama proses pembelajaran berlangsung, dan memudahkan siswa tunanetra dalam menyelesaikan soal SPLDV dengan efektif sehingga blokjes dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di dalam pembelajaran matematika materi sistem persamaan linier dua variabel.

Kata Kunci: blokjes, SPLDV, tunanetra.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Moch. Abdulloh Ibrohim, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Acep Ovel Novary Beny, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2024-07-23
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0