EFEKTIVITAS GAME DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA ANAK TUNARUNGU
Abstract
Penguasaan kosakata bermanfaat bagi anak berkebutuhan khusus karena menjadi faktor utama terhadap keakuratan dalam pembelajaran, baik untuk membaca kalimat, menulis kalimat maupun pemahaman dalam bacaan yang dibaca. Penguasaan kosakata juga dapat menyumbang porsi yang cukup besar terhadap perbendaharaan kata yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus. Begitu pula dengan anak tunarungu yang mana kesulitan terhadap bahasa, pemahaman kosakata juga diperlukan untuk menunjang belajar di lingkungan masyarakat. Semakin banyak kata yang diketahui anak, semakin besar pula kemampuan anak dalam memahami apa yang dilihat dan dibaca. Game digital merupakan salah satu bagian dari teknologi digital yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan aktivitas bermain yang menyenangkan dan bisa menjadi alternatif yang efektif untuk pembelajaran yang menyenangkan dengan maksud untuk memenuhi kebutuhan anak bermain sambil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji efektivitas penggunaan game digital dalam meningkatkan penguasaan kosakata pada anak tunarungu. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review, dengan telaah kepustakaan menggunakan artikel. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif untuk mengidentifikasi dampak penggunaan game berbasis komputer dan Android terhadap pembelajaran bahasa, dengan fokus khusus pada anak tunarungu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game digital yang dirancang dengan pendekatan visual dan interaktif memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan keterampilan berbahasa dan penguasaan kosakata. Game ini tidak hanya menarik dan menyenangkan, tetapi juga efektif dalam mengurangi tekanan pembelajaran, membuat anak lebih termotivasi untuk terlibat dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian review ini yaitu penggunaan game digital memiliki dampak positif pada anak tunarungu dan berkebutuhan khusus lainnya guna meningkatkan penguasaan kosakata, menunjukkan fleksibilitas, dan adaptasi game digital bisa untuk berbagai konteks pembelajaran.
Kata Kunci: game digital, penguasaan kosakata, anak tunarungu.