EFEKTIVITAS GAME EDUKASI CANOE PUPPIES DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN BERSUSUN ANAK DISKALKULIA
Abstract
Matematika memiliki manfaat penting dalam kehidupan sehari-hari, matematika digunakan saat berbelanja, merencanakan perjalanan, mengelola keuangan dan bahkan dalam mengatur jadwal harian. Anak diskalkulia kesulitan dalam operasi matematika dasar. Metode pembelajaran yang sesuai, seperti game edukasi, penting untuk membantu mereka. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas penerapan game edukasi canoe puppies dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan bersusun pada siswa dengan diskalkulia. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-experimental one-group pretest-posttest. Penelitian ini melibatkan 8 siswa kelas 5 SD Negeri Pakis VIII Surabaya yang mengalami kesulitan dalam penjumlahan bersusun. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan game edukasi canoe puppies. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon matched-pairs test dengan tingkat signifikansi 5% (?=0,05). Hasilanalisis menunjukkan nilai Zhitung = 2,53 yang lebih besar dari Ztabel = 1,96 (Zhitung > Ztabel). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan game edukasi canoe puppies berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan bersusun pada siswa dengan diskalkulia. Hal ini berarti terdapat perbedaan kemampuan penjumlahan bersusun siswa sebelum dan sesudah menggunakan game edukasi. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa game edukasi tidak hanya meningkatkan keterampilan matematika, tetapi juga motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar.
Kata kunci: game edukasi, penjumlahan berususun, diskalkulia