PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA MENTIMETER DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN ANTI PERUNDUNGAN DARI PESERTA DIDIK TIPIKAL TERHADAP PESERTA DIDIK AUTIS

Authors

  • Herdianur Prabowo Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Nurul Ashar Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tindakan perundungan di lingkungan sekolah menimbulkan dampak yang cukup serius bagi peserta didik penyandang disabilitas, salah satunya adalah peserta didik autis. Dalam hal ini, program anti perundungan sangat penting untuk ditanamkan kepada peserta didik tipikal agar generasi muda berperilaku baik kedepannya. Untuk menerapkan program anti perundungan, diperlukan strategi dan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan cooperative learning menggunakan media mentimeter dalam menumbuhkan kesadaran perilaku serta pengetahuan perilaku anti perundungan pada peserta didik tipikal terhadap peserta didik autis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif .Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental (one-group pretest-postest design). Subjek penelitian ini peserta didik tipikal di kelas XI yang bersekolah di SMAN Inklusi yaitu SMAN 10 Surabaya.. Pengumpulan data melalui kuesioner dan tes tulis. Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan cooperative learning menggunakan media mentimeter berpengaruh terhadap kesadaran perilaku dan pengetahuan anti perundungan pada peserta didik tipikal terhadap peserta didik autis terbukti . Hal ini ditunjukan dengan hasil analisis data kesadaran perilaku anti perundungan diperoleh Sig. (2-Tailed) =0, 007 ? 0,05 yang berarti ada pengaruh cooperative learning menggunakan media mentimeter terhadap perilaku kesadaran anti perundungan pada peserta didik tipikal, selain itu juga hasil penelitian menunjukan Sig. (2- Tailed) = 0, 000 ? 0,05 yang berarti ada pengaruh penerapan cooperative learning menggunakan media mentimeter terhadap pengetahuan perilaku anti perundungan pada peserta didik tipikal. Implikasi dari penelitian ini adalah penerapan cooperative learning menggunakan media mentimeter dapat digunkan untuk menumbuhkan kesadaran anti perundungan dari peserta didik tipikal terhadap peserta didik autis.

Kata kunci: cooperative learning, mentimeter, anti-perundungan, autis

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Herdianur Prabowo, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Muhammad Nurul Ashar, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2024-07-26
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0