IMPLEMENTASI METODE PETA KONSEP PADA PEMAHAMAN BACAAN ANAK DISLEKSIA
Abstract
Bahasa Indonesia memiliki keterkaitan erat dengan kemampuan membaca. Interaksi sosial dan bahasa adalah kunci dalam perkembangan individu disabilitas. Pemahaman bacaan berfungsi untuk mengerti dan memahami isi dari suatu bacaan. Kegiatan membaca penting untuk mengembangkan kemampuan berpikir melalui pemahaman dan interpretasi teks. Anak disleksia memiliki hambatan terhadap keterampilan membaca yang berpengaruh pada kemampuan memahami informasi tertulis. Oleh karena itu, diperlukan dukungan untuk mengurangi masalah tersebut, dalam penelitian ini melalui peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh implementasi metode peta konsep terhadap pemahaman bacaan anak disleksia. Pendekatan penelitian ini kuantitatif jenis pra-eksperimental berdesain one independent group design. Subjek penelitian ini anak disleksia yang mengalami kesulitan memahami bacaan. Teknik pengumpulan data tes. Instrumen penelitian ini adalah tes tulis. Teknik analisis data menggunakan Wilcoxon Match Pair Test. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh metode peta konsep terhadap pemahaman bacaan anak disleksia. Didapatkan hasil Ttabel = 0 dan Thasil = 0 yang berarti ada pengaruh signifikan setelah implementasi peta konsep terhadap pemahaman bacaan anak disabilitas disleksia di Lembaga Terapis Sebaya Riang Surabaya. Implikasi penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan metode peta konsep terhadap pemahaman bacaan anak disleksia, juga dapat memvisualkan teks bacaan atau informasi tertulis dengan mengekspresikan kreativitas siswa dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran.
.
Kata Kunci : peta konsep, pemahaman bacaan, disabilitas disleksia.