PENGELOLAAN KELAS PESERTA DIDIK AUTIS DI SLBN PEMBINA TINGKAT NASIONAL BAGIAN C MALANG
Abstract
Pengelolaan kelas yang efektif bermanfaat dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, terutama di sekolah luar biasa (SLB) yang melayani peserta didik dengan berbagai kebutuhan khusus seperti peserta didik autis. Pengelolaan kelas juga memegang peranan penting dalam mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas peserta didik autis di SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang dengan kualitatif dan jenis deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data Miles, Huberman, dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan kelas dalam hal pengaturan peserta didik autis dan kondisi fisik kelas di SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang telah diterapkan dengan baik dan benar. Hasil penelitian ini juga menunjukkan pengelolaan kelas di SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang sudah dilaksanakan dan diterapkan secara benar. Implikasi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas yang tepat bermanfaat bagi peserta didik autis dalam menciptakan lingkungan belajar yang baik membantu menciptakan suasana yang nyaman dan aman bagi peserta didik serta mencapai hasil belajar yang lebih baik, peserta didik dapat lebih memahami materi dan menunjukkan kemajuan akademik yang lebih signifikan.
Kata kunci: pengelolaan kelas, autis, sekolah luar biasa