KAJIAN KETERAMPILAN PERTEMANAN PESERTA DIDIK AUTIS DENGAN TEMAN SEBAYA DI SEKOLAH DASAR LABSCHOOL UNESA 2
Abstract
Pertemanan berfungsi untuk meningkatkan interaksi dan komunikasi sosial pada peserta didik autis yang mengalami kesulitan dalam menjalin pertemanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian keterampilan pertemanan peserta didik autis dengan teman sebaya dengan penelitian kualitatif metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan Miles, Huberman, & Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunkan uji kredibilitas dan uji transferability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik autis belum mampu menjelaskan keterampilan pertemanan yang terdiri dari makna, sifat dan perkembangan pertemanan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa keterampilan pertemanan peserta didik autis masih masih belum sesuai dengan hubungan pertemanan pada umumnya. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan pertemanan bermanfaat untuk mendorong hubungan interpersonal yang positif yang ditandai dengan rasa saling menyukai, sikap positif terhadap satu sama lain, saling memperhatikan, keramahan, perhatian, perasaan berkewajiban untuk memenangkan rasa hormat pada teman yang lain. Keterampilan pertemanan pada peserta didik autis bermanfaat untuk meningkatkan interaksi dan komunikasi sosial peserta didik autis.
Kata kunci: pertemanan, peserta didik autis, teman sebaya