PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA DOWN SYNDROME DI SLB NEGERI KANDAT DAN MI YPSM MANGIRAN BADAS KEDIRI
Abstract
Keterampilan bercerita bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan berbicara, kemampuan sosial, dan menyampaikan informasi kepada orang lain. Siswa down syndrome mengalami hambatan dalam meningkatkan keterampilan bercerita karena tingkat kecerdasan dibawah rata-rata dan kemampuan berkomunikasi. Oleh karena itu, pembelajaran meningkatkan keterampilan bercerita siswa down syndrome memerlukan media pembelajaran yang sesuai. Media gambar seri diharapkan dapat membantu pembelajaran bercerita siswa down syndrome. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh media gambar seri terhadap keterampilan bercerita siswa down syndrome. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimental one group pre-test post-test design dengan menggunakan subjek 6 siswa down syndrome di SLBN Kandat dan MI YPSM Mangiran Badas Kediri. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik non parametrik wilcoxon match pair test dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh Asymp.Sig. (2-tailed) 0,027 sehingga dinyatakan media gambar seri berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan bercerita siswa down syndrome. implikasi dalam penelitian ini yaitu media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan bercerita, mengembangkan keterampilan berfikir kreatif siswa, meningkatkan kemampuan membaca dan meningkatkan kemampuan menulis karangan.
Kata Kunci: Media Gambar Seri, Bercerita, Down Syndrome