PENGARUH METODE DRIL TERHADAP KETERAMPILAN MENGGUNKAN TEKNIK TONGKAT BAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA
Abstract
Keterampilan menggunakan teknik tongkat bermanfaat bagi tunenrta seperti mobilitas yang lebih mandiri Peserta didik dapat bergerak dengan lebih leluasa dan percaya diri di lingkungan mereka, peningkatan kualitas hidup Kemandirian dalam mobilitas membuka peluang untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas sosial dan produktif, pencegahan kecelakaan dengan keterampilan tongkat yang baik peserta didik dapat menghindari berbagai potensi bahaya di lingkungan sekitar. Teknik tongkat yang harus dipelajari seperti teknik naik turun tangga, teknik navigasi rintangan, dan teknik memegang tongkat, pendekatan pembelajaran yang sesuai digunakan yaitu metode drill merupakan satu kegiatan melakukan hal yang sama berulang-ulang secara sungguh-sungguh dengan tujuan untuk memperkuat suatu asosiasi atau menyempurnakan suatu keterampilan agar menjadi bersifat permanen. penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh metode drill terhadap keterampilan menggunakan teknik tongkat bagi peserta didik tunanetra. metode penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan pra-eksperimen kelompok tunggal. subjek penelitian terdiri dari 4 peserta didik tunanetra kelas 6 dan 7 di SLB N Cerme gersik, instrumen yang digunakan tes perbuatan keterampilan menggunakan teknik tongkat. data dianalisis menggunakan uji wilcoxon signed-rank, hasil penelitian menunjukkan asymp. sig. (2-tailed) 0,043 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor keterampilan menggunakan teknik tongkat sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, bahwa metode drill berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan menggunakan teknik tongkat bagi peserta didik tunanetra. Metode drill dapat membantu peserta didik dalam memperkuat hafalan, dan memperlancar keterampilan yang telah dipelajari. Dengan teknik tongkat juga bermanfaat untuk melatih kemandirian, mobilitas, keamanan, orientasi serta dapat meningkatkan kualitas hidup peserta didik tunanetra. Penggunaan tongkat dapat memungkinkan tunanetra untuk mengakses berbagai tempat secara mandiri tanpa bantuan orang lain.
Kata Kunci: metode drill, teknik tongkat, tunanetra