PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA TUNARUNGU DI SLB NEGERI BALIKPAPAN
Abstract
Pembelajaran tentang bangun datar penting untuk diberikan kepada siswa tunarungu, khususnya jenjang SDLB (Fase B). Manfaat belajar bangun datar yaitu membantu menafsirkan keragaman bentuk di lingkungan sekitar dan mengembangkan imajinasi dan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video animasi bangun datar untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa tunarungu yang layak digunakan siswa tunarungu dalam pembelajaran matematika. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek pada penelitian ini yakni ahli materi, ahli media, dan calon pengguna. instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni skala peniliaian akseptabilitas yang meliputi 4 aspek antara lain aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase yang merupakan strategi analisis data dalam penelitian pembuatan media. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil ahli materi 66% ahli media menghasilkan 66%, dan calon pengguna menghasilkan 94%. Berdasarkan hasil penelitian video animasi bangun datar layak digunakan dalam pembelajaran. Implikasi hasil penelitian yaitu dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa, meningkatkan minat siswa dalam belajar, membentuk konsep bangun datar yang benar sejak dini, mendukung pembelajaran konsep matematika yang lebih kompleks, membantu keterampilan berpikir spasial, dan mendukung berpikir hirarkis.
Kata Kunci: video, animasi, bangun datar, tunarungu
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

