PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF BERBASIS WEB WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK AUTIS
Abstract
Belajar matematika memiliki manfaat untuk mengembangkan kemampuan berpikir yang logis, kreatif, dan kritis yang dibutuhkan dalam kehidupan bagi setiap individu, termasuk pula bagi anak autis. Namun demikian, mengingat adanya keterbatasan anak autis dalam kemampuan kognitif tingkat tinggi yang diperlukan untuk mempelajari matematika, dibutuhkan media pembelajaran yang tepat untuk membantu anak autis dalam belajar matematika. Game interaktif wordwall merupakan salah satu media pembelajaran yang interaktif untuk membantu anak autis dalam belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh media pembelajaran game wordwall terhadap hasil belajar matematika pada anak spektrum autis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-ekspermiental, dan desain penelitian one-group pre-test post-test design. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa autis SD di SLB Harmoni Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dengan teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan uji wilcoxon match pair test. Hasil penelitian menunjukkan Asymp. Sig (2-tailed adalah 0.028 yang berarti hasil tersebut kurang dari taraf signifikasi ? (5%) = 0.05 atau Asymp. Sig (2-tailed) = 0,029 ? 0,05 (probabilitas) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran game interaktif berbasis web wordwall terhadap hasil belajar matematika pada anak autis di SLB Harmoni Sidoarjo Gedangan. Implikasi hasil penelitian ini yaitu media pembelajaran game interaktif berbasis web wordwall bermanfaat agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik perhatian siswa, motivasi belajar meningkat dan hasil belajar juga meningkat, referensi baru terkait media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat diberikan kepada peserta didik disabilitas autis.
Kata Kunci : media pembelajaran, game, wordwall, anak autis, matematika
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 157
,
PDF Downloads: 283