PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL MEMBUAT APEL PIE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL DISABILITAS RUNGU
Abstract
Keterampilan vokasional penting untuk diberikan terhadap disabilitas rungu, khusunya jenjang SMALB. Manfaat diberikannya pembelajaran vokasional agar siswa memiliki skill maupun keterampilan kerja pasca sekolah sehingga mampu hidup mandiri di lingkungan masyarakat. Disabilitas rungu memiliki hambatan pada pendengarannya, sehingga dalam pembelajaran memerlukan media yang bersifat visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video tutorial membuat apel pie yang layak digunakan oleh disabilitas rungu dalam pembelajaran vokasional tataboga. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed (kuantitatif dan kualitatif). Jenis penelitian ini yakni penelitian pengembangan R&D model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Implementation). Subjek Penelitian ini validator ahli media, ahli materi, guru, dan disabilitas rungu. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner. Teknik analisis data persentase. Hasil penelitian skor 98,63% dari ahli media, 82,5% dari ahli materi, 93,6% dari praktisi (guru), dan 83,5% dari respon user (disabilitas rungu). Hal ini berarti video tutorial membuat apel pie layak digunakan dalam pembelajaran tataboga disabilitas rungu. Implikasi hasil penelitian ini yaitu media video tutorial memiliki manfaat mampu memvisualkan materi pembelajaran, serta dapat digunakan dimanapun dan kapanpun. Video tutorial tidak hanya dapat digunakan oleh disabilitas rungu saja, dikarenakan terdapat penjelasan secara audio, isyarat (SIBI), visual gambar yang mendukung, serta teks narasi bahasa Indonesia.
Kata kunci : video tutorial, vokasional, tunarungu.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 45
,
PDF Downloads: 47