KAJIAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK AUTIS DI SLB HARMNONI GEDANGAN SIDOARJO
Abstract
Pendidikan karakter bermanfaat membantu individu tumbuh dan menghayati kebebasan hidup bersama orang lain di dunia, terutama di sekolah luar biasa (SLB) yang melayani peserta didik dengan berbagai kebutuhan seperti peserta didik autis. Pendidikan karakter juga memegang peranan penting dalam mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika di SLB Harmoni Gedangan Sidoarjo. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan guru membelajarkan karakter dalam pembelajaran matematika bagi peserta didik autis yakni karakter kerja sama, karakter religius, karakter mandiri, karakter kreatif, dan karakter disiplin. Hasil penelitian ini juga seluruh guru kelas mengimplementasikan pendidikan karakter : melalui media pembelajaran yang menarik, lalu menerapkannya secara langsung pada kegiatan pembelajaran mulai dari pendahuluan hingga penutup. Implikasi hasil penelitian ini yaitu pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika dapat membentuk karakteristik peserta didik autis agar mampu melaksanakan norma-norma dalam kehidupan sehari-hari, dan mengajarkan pada peserta didik autis agar mampu memiliki perilaku baik, memberikan pengetahuan tentang etika perilaku, serta menyaring hal-hal yang tidak sesuai.
Kata kunci: pendidikan karakter, pembelajaran matematika, autis
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

