HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA DI SLBN PEMBINA TINGKAT NASIONAL BAGIAN C MALANG
Abstract
Kinerja guru yang baik dapat dapat meningkatkan mutu suatu lembaga pendidikan serta meningkatkan motivasi belajar sehingga hasil belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Motivasi belajar siswa menjadi faktor penting bagi keberhasilan proses pembelajaran, sehingga penting juga untuk melakukan usaha yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terutama pada anak tunagrahita yang mengalami kendala pada kemampuan intelektualnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan hubungan antara kinerja guru dan motivasi belajar siswa tunagrahita ditingkat SMPLB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi menggunakan desain analisis korelasional. Subjek penelitian adalah seluruh guru kelas dan siswa tunagrahita jenjang SMPLB. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik angket, dan analisis data menggunakan statistik parametrik dengan teknik pengolahan data menggunakan uji korelasi product moment pearson. Melalui hasil penelitian diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,008 < 0,05, dengan nilai koefisien keroleasi sebesar 0,444, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kinerja guru dengan motivasi belajar siswa tunagrahita di SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang yang bersifat positif dan cukup kuat. Implikasi hasil penelitian ini yaitu kinerja guru yang baik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu menumbuhkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar yang baik akan memacu semangat siswa untuk meningkatkan prestasi belajar yang dimilikinya.
Kata kunci : kinerja guru, motivasi belajar, siswa tunagrahita
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 81
,
PDF Downloads: 92