PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP CARD TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLBN PEMBINA TINGKAT NASIONAL BAGIAN C MALANG
Abstract
Kemampuan membaca permulaan penting untuk merangsang perkembangan otak dan kemampuan berpikir anak.
Kemampuan membaca permulaan bermanfaat meningkatkan kemampuan berbicara, menambah informasi dengan
kebiasaan berpikir, dan sarana untuk memperluas dan menambah ilmu pengetahuan. Anak tunagrahita ringan
mengalami hambatan dalam kemampuan membaca permulaan karena tingkat kecerdasan di bawah rata-rata dan sulit
berpikir abstrak. Pembelajaran kemampuan membaca permulaan memerlukan media pembelajaran yang sesuai.
Media pop up card diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita
ringan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media pop up card terhadap peningkatan
kemampuan membaca permulaan. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre-
eksperimental. Desain penelitian yaitu one group pre-test post-test design dengan subjek 6 anak tunagrahita ringan kelas III SDLB. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik non parametrik wilcoxon match pair test dengan tingkat signifikan 5% = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,027 < ? = 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan media pop up card terhadap kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan. Implikasi dalam penelitian ini yaitu media pop up card dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan, menciptakan kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik perhatian, melatih konsentrasi, meningkatkan motivasi dan semangat belajar anak.
Kata kunci: pop up card, membaca, tunagrahita ringan
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 36
,
PDF Downloads: 88