MANAJEMEN PROGRAM VOKASIONAL BAGI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PEMBINA TINGKAT NASIONAL BAGIAN C MALANG)
Abstract
Manajemen vokasional penting untuk mengelola keterampilan vokasional yang memberikan bekal kerja kepada peserta didik berkebutuhan khusus. Bermanfaat memberikan bekal anak untuk mempunyai keahlian yang bisa ditingkatkan, serta menunjang pencapaian tingkatan kemandirian yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen sekolah dalam melakukan program vokasional di SMALB Negeri Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. Pendekatan kualitatif studi deskriptif dan desain studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan konsep Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program dilakukan melalui koordinasi antara kepala sekolah dan guru vokasional dalam penyesuaian kurikulum dan penyediaan fasilitas. Pelaksanaan program mencakup pemberian pelatihan, asesmen, dan penyediaan sarana. Evaluasi dilakukan setiap akhir semester, serta diikuti dengan pameran hasil karya. Faktor penghambat yang dihadapi adalah kurangnya tenaga pendidik dan ketidakstabilan emosi peserta didik, sementara dukungan datang dari fasilitas yang lengkap dan keterlibatan orang tua. Tindak lanjut program mencakup uji kompetensi, pengasahan keterampilan di BLK, dan rekomendasi ke perusahaan mitra. Implikasi dari penelitian ini adalah mengembangkan sikap dan kepribadian kewirausahaan untuk memulai usaha atau berkarir di dunia kerja, bekerja sama dengan berbagai pihak seperti orang tua, lembaga sosial, dan pemerintah dalam mendukung lancarnya program vokasional serta pemantauan dan evaluasi berkelanjutan untuk meningkatkan program vokasional secara berkesinambungan.
Kata kunci: manajemen, vokasional, anak berkebutuhan khusus
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 118
,
PDF Downloads: 163