PEMAHAMAN KOMUNITAS TUNARUNGU UNESA TERHADAP CUPLIKAN BERITA TV DENGAN PENGGUNAAN BAHASA ISYARAT (BISINDO)

Authors

  • Putri Zafa Nurulitawati Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Diah Ekasari Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Berita bermanfaat sebagai sumber informasi utama yang memberikan pemahaman tentang peristiwa terkini di berbagai tingkat, dari lokal hingga internasional. Namun,  aksesibilitas informasi ini tidak merata, terutama bagi komunitas tuli, yang menghadapi tantangan dalam memahami berita televisi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman komunitas tuli UNESA terhadap berita TV dengan penggunaan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO). Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif digunakan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap tujuh individu tuli yang sering menggunakan BISINDO. data dianalisis secara kualitatif melalui analisis tematik, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman komunitas tunarungu UNESA terhadap isi berita dipengaruhi oleh kecepatan, ukuran, dan kejelasan tampilan Juru Bahasa Isyarat (JBI), serta adanya teks tambahan. Implikasi hasil penelitian ini menekankan pentingnya perbaikan dalam penyajian berita televisi agar lebih inklusif bagi komunitas tunarungu, sehingga mereka dapat lebih memahami dan terlibat dalam peristiwa-peristiwa penting di masyarakat. Menambah wawasana di berbagai bidang, mengasah kemampuan menulis dan membaca, menambah pengetahuan bagi komunikasi disabilitas tunarungu.

kata kunci: Bahasa isyarat, tunarungu, cuplikan berita

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Putri Zafa Nurulitawati, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Diah Ekasari, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2024-09-13
Abstract views: 52 , PDF Downloads: 95