PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK AUTIS DI SLB BAKTI ASIH SURABAYA

Authors

  • Anggi Salma Wardah Salsabila Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Nurul Ashar Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kemampuan membaca permulaan termasuk ke dalam kemampuan dasar yang harus dikuasai peserta didik  untuk menunjang pembelajaran di kelas, juga dalam aktivitas sehari-hari seperti mendukung kemampuan  literasi dasar, meningkatkan daya pikir, komunikasi, dan pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk  menganalisis pengaruh penggunaan media wordwall terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik  autis. Pendekatan penelitian termasuk kuantitatif jenis Single Subject Research (SSR) desain A-B. Subjek  penelitian ialah peserta didik autis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Analisis data
menggunakan analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi Hasil penelitian menunjukkan kecenderungan  stabilitas hasil data stabil dengan persentase 89%, garis kecenderungan arah serta jejak data memiliki trend meningkat, level stabilitas menunjukkan rentang 2,70-3,30, level perubahan menunjukkan tanda (+). Selain itu, hasil penelitian menunjukkan kondisi perubahan kecenderungan arah meningkat, perubahan  kecenderungan stabilitas menunjukkan data stabil ke stabil. Perubahan level menunjukkan data (+) yang berarti meningkat dan persentase overlap data menunjukkan 0%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan  terdapat pengaruh penggunaan media wordwall terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik autis. Implikasi dari hasil penelitian adalah media wordwall berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan  membaca permulaan peserta didik autis, memudahkan komunikasi, membangun minat terhadap buku, bekal  meraih kesuksesan dalam kehidupan, dan sebagai sarana mengekspresikan emosi.

Kata Kunci: autis, wordwall, membaca permulaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anggi Salma Wardah Salsabila, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Muhammad Nurul Ashar, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2024-09-13
Abstract views: 79 , PDF Downloads: 285