PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK AUTIS DI SLB BAKTI ASIH SURABAYA
Abstract
Kemampuan membaca permulaan termasuk ke dalam kemampuan dasar yang harus dikuasai peserta didik untuk menunjang pembelajaran di kelas, juga dalam aktivitas sehari-hari seperti mendukung kemampuan literasi dasar, meningkatkan daya pikir, komunikasi, dan pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media wordwall terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik autis. Pendekatan penelitian termasuk kuantitatif jenis Single Subject Research (SSR) desain A-B. Subjek penelitian ialah peserta didik autis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Analisis data
menggunakan analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi Hasil penelitian menunjukkan kecenderungan stabilitas hasil data stabil dengan persentase 89%, garis kecenderungan arah serta jejak data memiliki trend meningkat, level stabilitas menunjukkan rentang 2,70-3,30, level perubahan menunjukkan tanda (+). Selain itu, hasil penelitian menunjukkan kondisi perubahan kecenderungan arah meningkat, perubahan kecenderungan stabilitas menunjukkan data stabil ke stabil. Perubahan level menunjukkan data (+) yang berarti meningkat dan persentase overlap data menunjukkan 0%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media wordwall terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik autis. Implikasi dari hasil penelitian adalah media wordwall berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik autis, memudahkan komunikasi, membangun minat terhadap buku, bekal meraih kesuksesan dalam kehidupan, dan sebagai sarana mengekspresikan emosi.
Kata Kunci: autis, wordwall, membaca permulaan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 79
,
PDF Downloads: 285