PENGARUH MODEL GAME BASED LEARNING BERMEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN SISWA DISABILITAS INTELEKTUAL RINGAN

Authors

  • Isti Mada Rekasari Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwik Widajati Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Matematika penting bagi siswa disabilitas intelektual ringan dalam pendidikan dan kehidupan sehari-harinya. Pembelajaran
matematika bermanfaat bagi siswa disabilitas intektual ringan sebagai bekal dalam menyelesaikan permasalahan yang
mereka hadapi, jual beli barang dan kepemilikan barang. Siswa disabilitas intelektual ringan memiliki hambatan pada
penjumlahan sehingga dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang menarik dan kreatif. Model game based learning
bermedia wordwall memiliki manfaat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, menarik perhatian siswa,
mempermudah penyampaian materi pembelajaran dan memberikan pengalaman berbeda bagi siswa. Tujuan penelitian ini
untuk membuktikan pengaruh model game based learning bermedia wordwall terhadap kemampuan penjumlahan siswa
disabilitas intelektual ringan. Subyek dalam penelitian berjumlah sepuluh siswa disabilitas intelektual ringan di SLB Negeri
Gedangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre-eksperimen dengan one grup pretest-posttest
design. Teknik pengumpulan data berupa tes yang terdiri dari tes tulis dan tes lisan dengan teknik analisis data melalui uji
wilcoxon menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,004 ? 0,05. Berdasarkan
hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model game based learning bermedia wordwall berpengaruh dalam
meningkatkan kemampuan penjumlahan pada siswa disabilitas intelektual ringan di SLB Negeri Gedangan. Implikasi hasil
penelitian ini adalah model game based learning bermedia wordwall mampu meningkatkan kemampuam penjumlahan
siswa disabilitas intelektual ringan, khususnya siswa mampu menghitung hasil penjumlahan, menulis hasil penjumlahan
dan menyebutkan hasil penjumlahan dengan benar. Model game based learning bermedia wordwall dapat digunakan
sebagai salah satu pendekatan dalam pembelajaran matematika siswa disabilitas intelektual ringan yang dapat
meningkatkan motivasi belajar, memberikan pengalaman baru dan meningkatkan hasil belajar penjumlahan.
Kata Kunci : game, wordwall, penjumlahan, disabilitas intelektual ringan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Isti Mada Rekasari, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Wiwik Widajati, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2024-09-13
Abstract views: 121 , PDF Downloads: 337