PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS ANDROID TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA TUNAGRAHITA DI SLB-C AKW KUMARA II SURABAYA
Abstract
Membaca permulaan bermanfaat sebagai dasar linguistik yang penting bagi anak dalam mengenal berbagai jenis huruf, menjadi bekal untuk jenjang pendidikan selanjutnya, membantu siswa memahami pelajaran dan beraktivitas sehari-hari, sarana memperluas dan menambah ilmu pengetahuan. Siswa tunagrahita mengalami keterlambatan dalam perkembangan kognitif dan kesulitan dengan pemecahan masalah yang kompleks sehingga perlu menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Penggunaan media pembelajaran berbasis android dapat membantu meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media pembelajaran bahasa Indonesia berbasis android terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita di SLB C AKW Kumara II Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimen one-group pre-test post-test. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus wilcoxon match pair test. Dengan taraf signifikan 0,05 dan diperoleh Asymp. Sig (2-tailed) yang bernilai 0,027 sehingga dinyatakan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Android terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita di SLB C AKW Kumara II Surabaya. Implikasi hasil penelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis andorid dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan, pembelajaran menjadi lebih menarik, melatih konsentrasi, meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa serta mempermudah proses pembelajaran siswa tunagrahita.
Kata kunci: media berbasis android, membaca permulaan, tunagrahita
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 74
,
PDF Downloads: 98