PENGARUH PENGGUNAAN GAME EDUKASI PERKEMBANGBIAKKAN HEWAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DISABILITAS INTELEKTUAL
Abstract
Perkembangbiakan hewan penting dipelajari oleh peserta didik disabilitas intelektual. Pembelajaran IPA perkembangbiakan hewan dapat membantu siswa mengetahui peristiwa yang terjadi dan mengetahui berbagai macam cara hewan berkembangbiak. Pembelajaran perkembangbiakan hewan dapat melalui media pembelajaran berupa game edukasi yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh penggunaan game edukasi perkembangbiakan hewan terhadap hasil belajar peserta didik disabilitas intelektual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental, dan menggunakan desain penelitian berupa one-group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini yaitu 6 orang peserta didik disabilitas intelektual jenjang SMPLB. Data penelitian dikumpulkan dengan metode tes, serta teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan uji wilcoxon match pair test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai asymp. sig. (2-tailed) sebesar 0,027 yang mempunyai arti 0,027 < 0,05 (pada taraf signifikasi 5%), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan game edukasi perkembangbiakan hewan terhadap hasil belajar peserta didik disabilitas intelektual. Implikasi hasil penelitian ini ialah game edukasi dan perkembangbiakan hewan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, meningkatkan keterampilan sosial, dapat memahami pentingnya organisasi kehidupan, pembelajaran menyenangkan,
Kata Kunci: game edukasi, perkembangbiakan hewan, disabilitas intelektual
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

