PENGARUH QARS UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK AUTIS DI HUNTINGTOWER SCHOOL
Abstract
Kemampuan membaca pemahaman penting bagi peserta didik autis untuk beradaptasi dengan lingkungan mereka melalui analisis informasi dan pemahaman makna bacaan tertulis yang dibaca. Peserta didik autis memiliki kebutuhan khusus dalam bahasa yang juga berpengaruh pada respons interaksinya dengan stimulus yang diterima dari lingkungan yang salah satunya mempengaruhi membaca pemahaman. Question-Answer Relationship Strategy (QARS) menerapkan pendekatan komunikasi aktif melalui interaksi tanya jawab yang membantu membangun pemahaman terkait materi bacaan bagi peserta didik autis. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh QARS dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di kalangan peserta didik autis di Huntingtower School, Melbourne. Pengumpulan data menggunakan pretest-posttest dan dianalisis dengan uji Wilcoxon. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai probabilitas adalah sebesar 0,026, yang menunjukkan adanya perbedaan sebelum dan sesudah diterapkannya strategi pembelajaran. Implikasi hasil penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik autis dan interaksi sosial antara peserta didik autis dan lingkungan sekitarnya. Berdasarkan hasil penelitian, Question-Answer Relationship Strategy (QARS) terbukti berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik autis di Huntingtower School Melbourne.
Kata kunci : QARS, membaca pemahaman, autis
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 38
,
PDF Downloads: 34