PENGARUH METODE SCRAMBLE BERBASIS DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT PESERTA DIDIK DISABILITAS RUNGU DI SLB-B KARYA MULIA SURABAYA
Abstract
Kemampuan menyusun kalimat dengan struktur yang benar bermanfaat bagi peserta didik disabilitas rungu dalam menyampaikan ide, pikiran, perasaan, dan kebutuhan mereka dengan lebih jelas. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh metode scramble berbasis digital terhadap kemampuan menyusun kalimat peserta didik disabilitas rungu di SLB-B Karya Mulia Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen desain one group pre-test post-test, teknik pengumpulan data teknik tes, istrumen penelitian tes tulis tentang menyusun kalimat. Data dianalisis menggunakan statistik non-parametrik dengan uji wilcoxon sign rank test. Hasil penelitian didapatkan Asymp.Sig. (2-tailed) 0,012 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, dapat disimpulkan ada pengaruh metode scramble berbasis digital terhadap kemampuan menyusun kalimat peserta didik disabilitas rungu di SLB-B Karya Mulia Surabaya. Implikasi hasil penelitian ini metode scramble berbasis digital membantu peserta didik disabilitas rungu untuk menyusun kembali kalimat dengan benar, membantu menyampaikan ide, pikiran, perasaan, kebutuhan kepada orang lain secara terstruktur dan mudah dipahami, meningkatkan minat dan motivasi peserta didik disabilitas rungu untuk belajar.
Kata Kunci : scramble, digital, menyusun kalimat, disabilitas rungu
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

