PENGEMBANGAN MEDIA STYLUS PEN ADAPTIF UNTUK PEMBELAJARAN MOTORIK HALUS BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA
Abstract
Stylus pen adaptif memberikan banyak manfaat dalam pendidikan, termasuk mendukung pembelajaran berbasis digital kreatif, serta mampu menstimulasi kemampuan motorik halus, meningkatkan kemampuan menulis secara fleksibel dan menawarkan deteksi kontak yang lebih tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran stylus pen adaptif yang layak untuk pembelajaran motorik halus peserta didik tunagrahita. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) penelitian dilakukan sampai pada tahap development. Subjek uji kelayakan adalah ahli media, ahli materi, dan 5 guru tunagrahita sebagai praktisi. Instrumen penelitian berupa kuesioner untuk mengukur kelayakan media stylus pen adaptif. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif persentase. Berdasarkan hasil uji kelayakan menunjukkan media stylus pen adaptif yang dikembangkan layak digunakan bagi peserta didik tunagrahita dengan hasil dari ahli media sebesar 81% dan ahli materi sebesar 89% serta uji kelayakan oleh lima praktisi/guru tunagrahita menghasilkan persentase kelayakan sebesar 90%. Implikasi hasil penelitian bahwa stylus pen mengakomodasi kemampuan tunagrahita berupa bentuk yang lebih besar, ringan dan memiliki grip yang ditujukan untuk menstimulasi motorik halus, meningkatkan kemampuan menulis dan kontrol jari serta alternatif media digital dengan deteksi kontak yang lebih tepat.
Kata Kunci: Stylus pen adaptif, motorik halus, tunagrahita
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

