PENGARUH PENDEKATAN APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS (ABA) BERMEDIA KARTU GAMBAR ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI NON VERBAL PADA SISWA AUTIS
Abstract
Abstrak
Kemampuan komunikasi non verbal penting untuk membantu individu dalam melengkapi, mengatur, menggantikan, atau memberi penekanan pada pesan verbal yang disampaikan. Komunikasi non verbal dapat disampaikan menggunakan ekspresi wajah, gerak tubuh, atau suara tanpa unsur linguistik. Kemampuan komunikasi non verbal siswa autis masih kurang berkembang sehingga perlu adanya intervensi dengan menggunakan pendekatan ABA bermedia kartu gambar animasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendekatan applied behavior analysis bermedia kartu gambar animasi terhadap kemampuan komunikasi non verbal pada siswa autis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian pre-experimental design dengan one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan instrumen penelitian menggunakan tes perbuatan, analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan Asymp. Sig (2-tailed) 0.027 < 0.05. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan applied behavior analysis (ABA) bermedia kartu gambar animasi terhadap kemampuan komunikasi non verbal pada siswa autis. Implikasi dari penelitian ini yaitu penggunaan pendekatan ABA mampu meningkatkan kemampuan komunikasi non verbal pada siswa autis, selain itu juga mampu meningkatkan kemampuan interaksi sosial serta menghilangkan perilaku tertentu. Penggunaan kartu bergambar dalam pembelajaran dapat membantu siswa agar lebih bersemangat dan aktif.
Kata kunci : ABA, kartu gambar animasi, autis
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 37
,
PDF Downloads: 103