PENGELOLAAN PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI PESERTA DIDIK DISABILITAS (STUDI KASUS DI SMKN 3 PROBOLINGGO)
Abstract
Pengelolaan pendidikan inklusif bermanfaat untuk mengembangkan rasa empati, toleransi, dan mewujudkan pendidikan tanpa diskriminasi antar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan pengelolaan pendidikan inklusif di SMKN 3 Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi deskriptif dengan desain studi kasus. Sumber data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan kepala sekolah, guru pembimbing khusus, guru bimbingan konseling, dan guru kejuruan. Data sekunder dikumpulkan melalui dokumen dan foto. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis alir Miles dan Huberman meliputi kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi hasil kesimpulan. Uji keabsahan data melalui uji kredibilitas. Hasil penelitian menujukkan pengelolaan pendidikan inklusif bagi peserta didik disabilitas meliputi : 1) Perencanaan seleksi peserta didik disabilitas, tenaga pendidik, rancangan pembelajaran, sarana dan prasarana, penentuan mitra praktik kerja lapangan; 2) Pelaksanaan tes asesmen, kegiatan pembelajaran bersama, kebermanfaatan sarana dan prasarana, penempatan mitra praktik kerja lapangan; 3) Evaluasi dalam laporan perkembangan belajar peserta didik disabilitas berupa deskripsi; 4) Faktor pendukung meliputi tenaga pendidik, peserta didik reguler, dan orang tua sedangkan untuk faktor penghambat yaitu perlunya penambahan jumlah guru pembimbing khusus, mengkondisikan peserta didik disabilitas, dan peningkatan dukungan dari orang tua. Implikasi penelitian ini adalah memberikan kesempatan belajar yang sama tanpa membeda-bedakan potensi dari peserta didik, menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik disabilitas, dan meningkatkan kualitas pengelolaan pendidikan inklusif.
Kata Kunci : pengelolaan, pendidikan inklusif, peserta didik disabilitas.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 158
,
PDF Downloads: 197