PENGARUH BARRIER GAMES TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA UJARAN DALAM PERCAKAPAN PESERTA DIDIK DISABILITAS RUNGU DI SDLB-B KARYA MULIA SURABAYA
Abstract
Abstrak
Kemampuan membaca ujaran bermanfaat untuk memudahkan peserta didik disabilitas rungu dalam berkomunikasi di lingkungan masyarakat. Peserta didik disabilitas tungu mengalami hambatan pada pendengarannya sehingga berdampak pada segala aspek tumbuh kembangnya terutama pada aspek bahasa. Namun, apabila dilakukan penanganan sejak dini akan mengurangi dampak ketunarunguannya. Oleh karena itu, perlunya pembelajaran yang menyenangkan mengguna barrier games. Barrier Games bertujuan untuk melatih kemampuan berkomunikasi peserta didik tunarungu dengan cara mengelola informasi. Peserta didik akan belajar menerima dan mengirimkan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh barrier games terhadap kemampuan membaca ujaran dalam percakapan peserta didik tunarungu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian menggunakan one grup pretest-posttest design serta subyek penelitian berjumlah 6 peserta didik disabilitas rungu. Teknik pengumpulan data menggunakan uji wilcoxon menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,027 ≤ 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh barrier games terhadap kemampuan membaca ujaran dalam percakapan peserta didik tunarungu di SDLB-B Karya Mulia Surabaya. Implikasi penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan membaca ujaran dalam percakapan, mengelola informasi, melatih berbicara, dan meningkatkan motivasi serta minat belajar peserta didik disabilitas rungu.
Kata kunci: Barrier games, membaca ujaran, disabilitas rungu.
Abstract
Speech reading skills are useful to facilitate deaf learners in communicating in the community. Learners with hearing disabilities experience obstacles to their hearing that have an impact on all aspects of their growth and development, especially in the aspect of language. However, early treatment will reduce the impact of deafness. Therefore, the need for fun learning using barrier games. Barrier Games aim to train deaf learners' communication skills by managing information. Learners will learn to receive and send information. This study aims to prove the effect of barrier games on the ability to read speech in conversation of deaf learners. This research uses a quantitative approach with the type of pre-experiment research. The research design used one group pretest-posttest design and the research subjects amounted to 6 deaf learners. Data collection techniques using wilcoxon test using SPSS 26. The results showed the value of Asymp. Sig. (2-tailed) 0.027 ≤ 0.05. Based on these results, it can be concluded that there is an effect of barrier games on the ability to read speech in conversation of deaf students at SDLB-B Karya Mulia Surabaya. The implication of this research is useful to improve the ability to read speech in conversation, manage information, practice speaking, and increase motivation.
Keywords: Barrier games, lips reading, deaf disability.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

