PENERAPAN TASK ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TOILET TRAINING BUANG AIR KECIL PESERTA DIDIK AUTIS DI SLB HARAPAN BANGSA

Authors

  • Satriyo Yusuf Septiaji Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Pudjiastuti Sartinah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kemampuan merawat diri termasuk ke dalam kemampuan yang perlu dikuasai oleh peserta didik autis agar mereka tidak selalu bergantung dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan task analysis dalam meningkatkan kemampuan toilet training buang air kecil peserta didik autis. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian adalah peserta didik autis kelas II SDLB. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes perbuatan. Data dianalisis menggunakan analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan hasil positif dengan kecenderungan data stabil dengan persentase 87,5%, garis dan kecenderungan arah meningkat, dengan lebel stabilitas menunjukkan rentang 70-85, level perubahan menunjukkan tanda (+). Selain itu, hasil penelitian menunjukkan kecenderungan arah meningkat, perubahan kecenderungan stabilitas dari stabil ke stabil, perubahan level menunjukkan tanda (+) yang berarti meningkat, dan persentase data overlap menunjukkan persentase 0%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan task analysis dapat meningkatkan kemampuan toilet training buang air kecil peserta didik autis. Implikasi dari penelitian ini adalah penerapan task analysis bermanfaat terhadap kemandirian peserta didik autis dalam toilet training buang air kecil, memahami tahapan dalam buang air kecil, dan mampu menjaga kebersihan diri di toilet.

Kata kunci: autis, task analysis, toilet training

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-10
Abstract views: 58 , PDF Downloads: 139