PENGARUH MEDIA BINGO SUKU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL DI SLB NEGERI 3 DENPASAR
Abstract
Kemampuan membaca permulaan sangatlah penting dimiliki oleh anak tunagrahita. Manfaat dari membaca permulaan ini yaitu untuk membantu anak dalam mengenal simbol-simbol, huruf-huruf dan juga cara pengucapnnya untuk kemajuan akademisnya sehingga anak dapat mengikuti pembelajaran selanjutnya dan dapat hidup mandiri di kemudian hari. Namun, anak tunagrahita mememerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat memiliki kemampuan membaca permulaan, sehingga membutuhkan media pembelajaran menarik sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan mereka seperti bingo suku kata. Penelitian ini bertujuan untuk menguji terdapat pengaruh media bingo suku kata terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita di SLB Negeri 3 Denpasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design, dan rancangan dengan bentuk one-grup pre-test post-test design. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 6 anak tunagrahita kelas VI di SLB Negeri 6 Denpasar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan instrumen tes yang diberikan yaitu berupa tes lisan. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan uji wilcoxon. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan maka dapat diperoleh hasil nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,027 ≤ 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita di SLB Negeri 3 Denpasar setelah menggunakan media bingo suku kata. Implikasi hasil penelitian ini yaitu penerapan media pembelajaran yang baik dapat menyalurkan pesan pada saat proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tersampaikan kepada siswa. Membaca permulaan yang baik dapat memberikan bekal terhadap siswa dalam penguasaan teknik membaca maupun memahami isi bacaan dengan baik dan benar untuk kemajuan akademisnya, sehingga anak dapat mengikuti pembelajaran selanjutnya dan dapat hidup mandiri di kemudian hari.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 185
,
PDF Downloads: 191